Community Development Program

  1. Penerapan Budaya Green Company

    PT Jasa Raharja beserta seluruh pegawai berkomitmen untuk meminimalisir dampak kerusakan terhadap lingkungan dalam setiap operasi dan aktifitas sehari-harinya. Penerapan budaya green company diawali dengan mendorong para pegawai untuk bekerja semaksimal mungkin secara paperless diseluruh kantornya kecuali dalam hal surat menyurat resmi, nota dinas, absensi, slip gaji dan dokumen-dokumen yang secara legaltidak memungkinkan paperless. Budaya paperless office tersebut berdampak tidak sekedar mengurangi limbah kertas namun juga mengurangi biaya operasional perusahaan. Budaya paperless office terbukti jugamempercepat komunikasi antar unit kerja di PT Jasa Raharja sehingga operasi perusahaan semakin hari semakin efisien.

  2. Pelestarian Lingkungan Hidup

    Sebagai salah satu kontribusi terhadap pelestarian alam dan mengurangi tingkat polusi serta menghindari bencana alam/banjir, PT Jasa Raharja (Persero) berkomitmen dan berperan aktif dalam program penghijauan. Dalam tahun 2013 dana bantuan pelestarian alam leboh diprioritaskan kepada pohon-pohon produktif, seperti pohon mangga, nangka, dan lain-lain. Namun khusus untuk daerah yang tandus PT Jasa Raharja memberikan bantuan berupa pohon trembesi dan bantuan untuk penenaman 1.000 pohon produktif di Bingkat, Sumatera Utara. Jumlah bantuan pelestarian alam yang direalisasikan sampai dengan tahun 2013 sebesar Rp 4.510.881.484,- sedangkan realisasi penyaluran pada tahun 2013 sebesar Rp 350.673.700,- atau sebesar 17,53% dari jumlah dana yang dialokasikan sebesar Rp 2.000.000.000,

  3. Program Bantuan Pendidikan

    Pendidikan memiliki peranan penting dalam pembangunan suatu bangsa. Penyiapan Sumber Daya Manusia Indonesia yang mampu berkontribusi maksimal bagi kemajuan bangsa tersebut dapat dipercepat dan diperluas apabila ada peran serta aktif dari masyarakat.Program Bantuan Pendidikan adalah bentuk dari komitmen PT Jasa Raharja (Persero) dalam menciptakan sumber daya manusia yang handal khususnya generasi muda dari tingkat pendidikan dasar sampai dengan Perguruan Tinggi, tidak hanya terbatas pada pembangunan SDM, namun pembangunan penunjang pendidikan juga menjadi perhatian. Untuk mewujudkan SDM yang berkualitas serta ditunjang sarana pendidikan yang memadai, pada tahun 2013 PT Jasa Raharja (Persero) telah merealisasikan bantuan pendidikan sebesar Rp 1.671.386.920,- atau 47,75% dari jumlah dana yang dialokasikan sebesar Rp 3.500.000.000,-. Pemberian bantuan pendidikan/pelatihan secara efektif diberikan kepada masyarakat yang membutuhkan bantuan, dalam hal ini berupa pemberian bantuan pendidikan / pelatihan antara lain pemberian beasiswa kepada siswa SD, SLTP, SLTA dan Mahasiswa, pemberian bantuan kebutuhan pelajar seperti buku pelajaran, komputer dan Pelatihan mekanik sepeda motor di Nusa Tenggara Barat.

  4. ProgramBinaLingkungan

    Hakikat pembangunan adalah manusia seutuhnya dan pembangunan masyarakat Indonesia dengan segala totalitasnya, peradabannya, kebudayaannya dan agamanya. Demikian pula peningkatan iman dan takwa serta kenyamanan menjalankan ibadah menjadi bagian terpenting dan hak dasar dari hakikat pembangunan manusia tersebut. Untuk mendukung pemenuhan hal itu PT Jasa Raharja (Persero) telah berupaya memberikan bantuan pembangunan dan renovasi sarana ibadah. Bantuan Sarana Ibadah pada tahun 2013 mendapatkan alokasi sebesar Rp.4.500.000.000,- dengan realisasi penyaluran sebesar Rp.5.839.265.000,- atau 129,76% dari jumlah dana yang telah dialokasikan.    

  5. Program Pencegahan Kecelakaan

    PT Jasa Raharja (Persero) memiliki komitmen membantu Pemerintah untuk mengurang terjadinya kecelakaan penumpang umum dan kecelakaan lalulintas dengan melakukan kegiatan sebagai berikut:

    1. Melaksanakan pencegahan dan penanganan kecelakaan lalu lintas sebagai upaya preventif, yaitu:
      • Pemberian pelatihan Safety Riding, pelaksanaan sosialisasi penggunaan perangkat keselamatan (helm, sabuk pengaman dan lain-lain) serta pemasangan iklan layanan masyarakat (pembuatan billboard, kampanye di media elektronik dan pembuatan buku etika berlalu lintas).
      • Perbaikan sarana pendukung jalan (rambu-rambu, marka jalan dan lain-lain) serta pembuatan zona keselamatan lalu lintas serta sarana lainnya di jalan raya, tol, lintasan kereta api, perairan, pelabuhan atau dermaga.
      • Penyediaan ambulance dan Mobil Unit Kecelakaan Lalu Lintas (MUKL), penambahan mobile services sebagai upaya jemput bola bagi korban kecelakaan yang luka-luka, menyediakan akses UGD (kerjasama dengan rumah sakit untuk pertolongan pertama dan perawatan).
      • Penyediaan telepon bebas pulsa dan SMS Center (0812 10 500 500) untuk membantu penanganan kecelakaan lalu lintas.
    2. Pemberian pendidikan khusus bagi para pengemudi kendaraan umum dan awak angkutan teladan tentang tata cara mengemudi dengan baik dan menurut ketentuan Undang-Undang Lalu lintas.
    3. Pelaksanaan kampanye dan dialog public tentang Keselamatan Lalulintas bekerjasama dengan Korlantas Polri.
    4. Ikut berperan dalam menyusun berbagai aturan, melaksanakan sertifikasi dan pengawasan guna menjamin terselenggaranya transportasi udara yang memenuhi standar keselamatan penerbangan.
    5. Ikut ambil bagian dalam program peningkatan Keselamatan Transportasi, seperti Pos Kesehatan / Posko Lebaran / Natal dan Tahun Baru termasuk menyelenggarakan Mudik Gratis Jasa Raharja bagi masyarakat pemudik.